Rabu, 21 Januari 2009

Berbagi untuk mencerdaskan bangsa...

Yup...

Pertama kali mengenal istilah "BLOG", saya sudah menelusuri dan mencoba-coba untuk membuat sebuah blog pribadi... Mungkin saya merupakan sedikit dari beberapa orang di Indonesia yang mencoba membuat sebuah blog. Tetapi semua itu hanya berujung pada sekedar membuat sebuah user-id di setiap fasiltas yang menyediakan pembuatan blog yang gratis.

Kendalanya adalah, saya tidak memiliki kemampuan untuk menulis. Dan akhirnya semua user-id yang ada terlupakan begitu saja.

Sampai akhirnya pemanfaatan blog menjamur di negeri tercinta ini. Bahkan sampai ada yang menggondol gelar sebagai "Presiden Blogger" di negeri tercinta ini. Beberapa rekan sekerja, juga sudah mulai membuat blog pribadi masing-masing. Bahkan adik-adik dari SMU dan/atau SMK yang magang di kantorpun sudah memiliki satu atau mungkin lebih blog pribadinya.

Akhirnya keinginan memiliki blog pribadi itu muncul kembali. Tetapi kendala lama yang saya alami tetap menjadi penghambat. Bahwa saya, tidak memiliki kemampuan untuk menulis. Tetapi keinginan saya untuk memiliki sebuah blog pribadi tetap menggebu-gebu. Karena user-id - user-id yang lama sudah hilang dari ingatan saya, maka saya kembali membuat sebuah user-id baru di situs blogspot. Yang ternyata pada saat saya membuat untuk yang kedua kalinya ini, sudah menjadi satu kesatuan dengan portal Google.

Pada saat pertama kali membuat sebuah user-id yang kedua itu, secara kebetulan bertepatan dengan sebuah acara keagamaan di kantor yang diselenggarakan oleh Badan Dakwah di kantor tempat saya bekerja. Pada saat acara tersebut, saya sempat mengambil beberapa kejadian-kejadian dengan camera digital yang saya dapatkan sebagai door prize pada saat acara ulang tahun perusahaan tempat saya bekerja. Kemudian muncul sebuah ide dalam benak saya, jika saya tidak bisa menulis, mengapa tidak saya membuat sebuah blog pribadi yang berisi foto-foto hasil jepretan saya yang sangat-sangat amatiran tersebut. Toh sebuah foto, juga bisa bercerita banyak tentang suatu kejadian.

Sehingga blog pribadi itu saya beri nama, "Menuju Tempat Impian..." yang bisa dilihat disini. Dan blog pribadi tersebut saya beri nama sesuai dengan nama Masjid di gedung kantor saya, yaitu "an-nafi".

Ternyata memerlukan waktu juga untuk menampilkan foto-foto tersebut di blog pribadi saya. Sementara waktu terus berjalan dan saya menemukan sebuah eBook yang berjudul "Hacking Ubuntu" oleh pengarang Neal Krawetz yang diterbitkan oleh John Wiley & Son pada tahun 2007 setebal 410 halaman. Sehingga kemudian muncul dalam pikiran saya, bagaimana seandainya buku tersebut saya terjemahkan ke dalam bahasa kesatuan kita. Dengan demikian saya berpikir tentu akan lebih banyak orang yang terkendala dengan masalah bahasa, dapat memahami isi buku tersebut.

Akhirnya saya putuskan untuk mulai menterjemahkan isi dari buku tersebut. Saya tidak lagi berpikir mengenai hak cipta, yang ada dalam benak saya adalah pengalaman negeri-nengeri lain, seperti Jepang dan Taiwan yang juga melakukan hal yang saya lakukan saat itu. Dan sekarang hasilnya terlihat, mereka menjadi negara yang maju.

Karena buku tersebut cukup tebal, dan saya sedang suka mempelajari mengenai Keamanan Sistem Informasi, maka saya putuskan untuk mulai menterjemahkannya pada bagian ke empat yang membahas mengenai masalah Keamanan. Bagain keempat tersebut terdiri dari 3 Bab yang cukup panjang. Sehingga saya putuskan untuk memecahnya menjadi beberapa bagian.

Tetapi tentu saja sulit bagi seseorang yang nantinya akan membaca blog pribadi saya tersebut jika saya langsung membahas mengenai masalah yang cukup berat tersebut. Oleh karena itu pada posting awal saya tambahkan mengenai cara instalasi dari sistem operasi tersebut dan sedikit tip dan trik yang harus dilakukan setelah proses instalasi selesai. Kedua bahan ini juga saya dapatkan dari sebuah blog berbahasa Inggris yang kemudian saya terjemahkan. Baru saya masukan sebuah posting mengenai masalah keamanan dari sistem operasi tersebut.

Bangga rasanya, pada saat blog pribadi saya tersebut saya beritahukan pada sebuah milis komunitas dari sistem operasi tersebut. Banyak sambutan-sambutan yang positif yang terlontar dari rekan-rekan di komunitas. Senang rasaya bisa berbagi dengan sesama. Saya berpikir,
sekecil apapun usaha yang kita lakukan... Harus kita mulai dari sekarang... Jangan tunggu dan tunda apa yang dapat anda lakukan untuk Negeri tercinta ini...