Selasa, 03 Februari 2009

Jati diri yang Mandiri & Kokoh dapat tercipta berkat OSS

Sebuah headlines di sebuah situs kembali mengusik saya. Ini sesuatu yang harus bangsa kita lakukan juga, untuk menunjukkan jati diri yang mandiri dan kokoh. Dan seharusnya tidak sulit dalam pelaksanaannya. Karena negeri kita yang tercinta ini juga tidak ketinggalan dalam pemanfaatan software Open Source dengan telah disepakatinya Kerjasama Pemanfaatan Open Source bagi 18 Departemen Pemerintahan RI pada akhir bulan Mei 2008, saat berakhirnya IGOS Summit-II (Indonesia Go Open Source). Penggunaannya yang telah mulai dilaksanakan adalah untuk aplikasi perkantoran (Open Office), e-Government, e-Procurement, e-Learning dan aplikasi lainnya.


Pemerintah sudah menetapkan tekadnya, kita tinggal mendukung dan membantu agar semua itu dapat terlaksana. Seperti yang kita sadari bahwa penggunaan software Open Source secara umum dapat memberikan penghematan biaya yang subtansial ditengah makin kompleks-nya Sistem Informasi Proprietary yang dipergunankan sehingga menimbulkan kerawanan terhadap serangan hackers dan para pembobol keamanan Sistem Informasi lainnya. Software Open Source juga terbukti memberikan keamanan Sistem Informasi yang lebih baik dari pada software Proprietary, yang dihasilkan dari sistem yang lebih handal dan minimnya serangan gangguan keamanan terhadap sistem Open Source.

Dengan masih berlangsungnya Krisis Finansial Global sejak Oktober 2008 yang lalu, maka keputusan tersebut merupakan keputusan yang tepat, sebab dapat memberikan solusi bagi pengurangan biaya-biaya yang harus dikeluarkan oleh negara. Hal yang sama juga dapat berlaku bagi Perusahaan-perusahaan Swasta, UKMK, serta individu anggota masyarakat.

Bagi negara berkembang seperti negeri kita tercinta ini, penggunaan Open Source juga akan dapat menghemat Devisa Nasional yang langka, melepaskan diri dari ketergantungan asing, meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dari bangsa kita, meningkatkan pemerataan penghasilan bagi masyarakat luas dan mensejahterakan bangsa. Sehingga
terciptalah jati diri yang mandiri dan kokoh.