Selasa, 17 Februari 2009

Mengelola Blog... Cara untuk mengasah kreatifitas...

Melanjutkan pembahasan mengenai "Indonesia Creative 2009", kali saya ingin menghimbau dan mengajak generasi muda di negeri tercinta kita ini untuk membuat dan mengelola paling tidak sebuah "Blog Pribadi". Banyak yang akan kita dapatkan dari sebuah blog, salah satunya adalah yang saya alami sendiri, yaitu kemampuan menulis yang meningkat. Itu saya rasakan sendiri sejak secara berkala menulis di blog ini. Dan saya sudah semakin berani untuk menulis sesuatu di media online, yang salah satu contohnya adalah tulisan saya disini, yang berjudul "Aura Kasmaran di hari Kasih Sayang".

Hal tersebut hanyalah salah satu contoh saja. Hal lainnya adalah, jika blog pribadi tersebut kita kelola dengan baik. Kita fokuskan kepada satu bahasan tertentu, kuliner misalnya, seperti blog seorang teman ini. Atau anda dapat juga memilih hal lain yang sesuai dengan minat dan bakat anda.

Beberapa blogger, juga sudah ada yang menerbitkan buku, dimana buku tersebut berisi tulisan-tulisan mereka yang ada di blog-nya. Merupakan suatu sumber penghasilan yang lebih bisa diharapkan, daripada menjadikan blog pribadinya untuk menampilkan iklan-iklan dan kegiatan internet marketing.

Kreatifitas juga akan terasah, jika anda mengikuti Lomba Blog / Blog Competition yang sering diadakan. Setiap lomba biasanya memiliki kriteria tersendiri yang harus anda patuhi. Hal ini secara tidak langsung akan lebih mengasah kreatifitas kita.

Salah satu lomba yang diadakan oleh salah satu penyedia layanan telekomunikasi, yaitu "StarOne Blog Contest 2009". Dalam rangka sosialisasi lomba tersebut, StarOne Semarang mengadakan road show ke kampus dan sekolah-sekolah. Untuk mengenalkan apa itu blog dan dan bagaimana membuat blog yang menarik sehingga banyak dikunjungi orang.

Kegiatan dilaksanakan dengan sosialisasi baik secara online/offline direct campaign yang langsung menyentuh target. Selain dapat dikatakan sebagai salah satu kegiatan CSR, bagi Starone ini juga akan memperkuat image layanan Internet di luar voice dan message, dengan goal tercipta brand association penyedia layanan Internet, Voice dan SMS dengan Tarif yang hemat.

Kerja bareng dengan dan AISEC UNDIP, yang pada puncaknya di gelar acara "Explore Your Mind Be a Creative Blogger" dengan Narasumber Komunitas Blogger yang terkenal Di Semarang Loenpia.net.

Workshop yang terdiri dari 2 sesi itu, diikuti oleh seluruh peserta dengan sangat antusias. Pertanyaan yang diajukan cukup bervariasi dari yang ingin membuat live streaming, bagaimana menggunakan RSS, tips membuat blog untuk toko dan bisnis, bagaimana mengupdate template blog, bagaimana menggunakan hosting dan domain sendiri sampai tips-tips untuk membangun blog dengan niche tertentu.

Tema dari sesi pertama adalah "Be A Creative Blogger" dibawakan oleh Ari, yang dilanjut oleh Bernadus Dian Adi Prasetyo dengan tema "How to Optimize Blog?"

Masih banyak lagi cara-cara untuk mengasah kreatifitas kita dengan mengelola sebuah blog. Tetapi yang sangat ingin saya serukan kepada seluruh pemuda-pemudi di negeri tercita ini adalah...
Asah terus kreatifitas kita dan semangat entrepreneur agar kita dapat berperan mengembangkan ekonomi Indonesia dalam mengurangi pengangguran di kalangan anak muda.


Karena mengacu pada data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik, jumlah pengangguran di Indonesia pada Februari 2008 mencapai 9,43 juta orang dan 4,5 juta di antaranya adalah lulusan SMA, SMK, Program Diploma dan Universitas.

Dari jumlah itu, sekitar 1,1 juta orang adalah lulusan perguruan tinggi. Jumlah ini meningkat 54 persen dibandingkan dengan jumlah pengangguran dari lulusan perguruan tinggi pada 2007 yang mencapai 740 ribu orang. Kondisi ini disebabkan oleh terbentuknya pola pikir bahwa lulusan perguruan tinggi harus mencari kerja, bukan menciptakan kerja.